RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA
Titrasi Asam Basa
Satuan Pendidikan : SMA Negeri B Kota Bengkulu
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : Kelas XI/ Semester II
Materi Pembelajaran : Titrasi Asam Basa
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
____________________________________________________________________________
I. Standar Kompetensi : Memahami sifat-sifat larutan asam basa , metode pengukuran , dan terapannya
II. Kompetensi Dasar : Menggunakan kurva perubahan harga pH pada titrasi asam—basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis
III. Indikator
A. Kognitif
1. Produk:
a. Mendeskribsikan prosedur titrasi asam-basa
b. Menjelaskan perubahan ph pada titrasi sam-basa dengan menggunakan kurva
c. Menghitung harga ph pada titrasi asam basa
2. Proses:
a. Menerangkan prosedur titrasi asam basa untuk menyelidiki kadar larutan asam basa, dengan megumpamakan larutan HCl dan NaOH dengan menggunakan indikator pp (fenolftalain). Kemudian mrumuskan kesimpulan
b. Menerangkan macam-macam titrasi berdasarkan kurva yang diberikan
B. Psikomotor
1. Membuat kurva yang terbentuk berdasarkan penggolongan titrasi asam
2. Menentukan pH larutan yang terbentuk
C. Afektif
1. Karakter
a. jujur,
b. tanggung jawab,
c. hati-hati,
d. teliti.
2. Keterampilan sosial:
a. bertanya,
b. menyumbang ide atau berpendapat,
c. menjadi pendengar yang baik,
d. berkomunikasi.
IV. Tujuan Pembelajaran:
. Kognitif
1. Produk:
a. Secara mandiri siswa dapat Mendeskribsikan prosedur titrasi asam-basa dengan mengerjakan soal LP. Produk sesuai dengan kunci jawaban
b. Secara mandiri siswa dapat Menjelaskan perubahan ph pada titrasi sam-basa dengan menggunakan kurva sesuai dengan kunci LP Produk
c. Secara mandiri siswa dapat Menghitung harga ph pada titrasi asam basa
di LP Produk sesuai kunci jawaban
2. Proses
a. Siswa membuka LKS SMA sehingga dapat membaca dan mendiskusikan mengenai prosedur titrasi asam basa
b. Siswa dapat mengisi LKS sesuai materi yang telah diterangkan dan dipahami
B. Psikomotor
1. Disediakan LKS SMA , siswa dapat menjelaskan prosedur macam – macam titrasi asam sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.pada LP 3: Psikomotor
2. Disediakan kurva yang berbeda sehingga siswa dapat memahami dan membedakan macam-macam kurva tersebut sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan pada LP 3: Psikomotor
C. Afektif
1. Karakter:
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan dalam menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab,hati-hati, dan teliti.
2. Keterampilan sosial:
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan dalam menunjukkan perlaku keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.
V. MATERI PEMBELAJARAN
· Titrasi asam-basa
VI. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran : Model Pembelajaran Kooperatif
Metode : Diskusi Informasi
VII. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
· Buku siswa
· LKS
· Buku kimia untuk SMA kelas XI penerbit Erlangga
VIII. Proses Belajar Mengajar
A. Pendahuluan (5 menit)
Kegiatan | Penilaian oleh Pengamat | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
| | | | |
B. Inti ( 80 menit)
Kegiatan | Penilaian oleh Pengamat | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
Penggalan 1 1. Menunjukkan gambar prosedur titrasi dan menjelaskan tentang prosedur titrasi asam basa Penggalan 2 1. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif dan memberikan LKS 1 2. Siswa mendiskusikan dengan kelompok untuk mengisi LKS yang ttelah diberikan guru Penggalan 3 a. Guru memberikan informasi mengenai macam—macam titrasi asam basa beserta kurvanya b. siswa mampu berdiskusi dan membedakan macam-macam titrasi serta masing-masing perwakilan kelompok mampu memaparkan kembali, masing-masing kelompok satu macam titrasi | | | | |
C. Penutup (5 menit)
Kegiatan | Penilaian oleh Pengamat | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Menutup pelajaran dengan membimbing siswa membuat rangkuman dan memberi PR LKS SMA.. 2. Guru Mengingatkan siswa untuk mempelajari materi selanjutnya 3. Guru menutup pelajaran | | | | |
XI. Penilaian
1. Penilaian produk (LP-01)
2. Penilaian Psikomotor (LP 02A-LP 02B)
3. Penilaian Afektif (LP 03)
4. Penilaian keterampilan Berkarakter (LP 04)
5. Penilaian Keterampilan Sosial (LP 05)
Daftar Pustaka
BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2007. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTS. Digandakan oleh Kegiatan Penyelenggaraan Sosialisasi/Diseminasi/Seminar/Workshop/Publikasi Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Johnson, David W. & Johnson, Roger T. 2002. Meaningful Assessment. A Manageable and Cooperative Process. Boston: Allyn & Bacon.
Wilbraham, Staley, Matta, and Waterman, (2007). Chemistry (Teacher’s Edition). Boston: Pearson Prentice Hall.
________, TeachEngineering.org Activity - Acid (and Base) Rainbows. Didownload pada 02 Juni 2011 dari http://www.teachengineering.org/view_activity.php?
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
LKS SMA titrasi asam basa
- Jelaskan prosedur titrasi asam basa serta apa tujuan diggunakannya indicator fenolftalain
Daftar Pustaka
Anonim.2011.Ttrasi Asam basa. Sumber: http://www.scribd.com/doc/7777264/kimia-dalam-kehidupan-seharihari(diakses: 11 April 2011)
Wilbraham, Staley, Matta, and Waterman, (2007). Chemistry (Teacher’s Edition). Boston: Pearson Prentice Hall.
KUNCI LKS SMA
1. Prosedur titrasi asam basa, misalkan jika kita ingin menentukan kadar suatu lartan HCl dengan menggunakan laruta NaOH 0,1 M. kita harus mengetahui dulu berapa volum laruutan NaOH 0,1 M yang ekivalen dengan volum tertentu larutan HCl terebut, misalkan 20 ml, ditempatkan dalam labu erenmeyer, kemudian ditetesi dengan larutan NaOH 0,1 M (dalam buret) sehingga keduanya ekivalen (tepat habis bereaksi).titik ekivalen dapat diketahui dengan bantuan indicator. Titrasi (penetesan) dihentikan tepat pada saat indicator menunjukkan perubahan warna. Saat indicator menunjukkan perubahan warna disebut tiik akhir titrasi
Daftar Pustaka
Purba, Michael. 2006.Kimia 2B.Jakarta: Erlangga
Wilbraham, Staley, Matta, and Waterman, (2007). Chemistry (Teacher’s Edition). Boston: Pearson Prentice Hall.
LKS 2
1. Sebanyak 25 ml larutan CH3COOH 0,1 M ditetesi dengan larutan NaOH 0,1 M sedikit demi sedikit hingga 50 ml. perubahan Ph campuran berlangsung sebagai berikiut.
Volume NaOH (ml) | pH |
0,00 | 2,89 |
5,00 | 4,14 |
10,00 | 4,57 |
12,50 | 4,74 |
15,00 | 4,92 |
20,00 | 5,35 |
24,00 | 6,12 |
25,00 | 8,72 |
26,00 | 11,30 |
30,0 | 11,96 |
40,00 | 12,36 |
50,00 | 12,52 |
Berdasarkan data tersebut buatlah kurva Ph terhadap volum NaOH, anda dpat mengggunakan kertas grafik, tetapi akan lebih mudah jika menggunakan komputer
Kunci Jawaban LKS 2
KUNCI JAWABAN LKS 2 |
LP-2A
Format Penilaian Kinerja
Rubrik : Rubrik ini digunakan sebagai acuan untuk menilai kinerja siswa pada waktu mengerjakan tugas-tugas dan kerja ilmiah
Skor | Kemampuan/keterampilan yang dinilai Skor | Kemampuan mengorganisasikan tugas, kerja, atau kegiatan | Ketepatan melaksanakan tugas |
5 | Siswa mempunyai pemahaman yang jelas tentang maksud tugas yang diberikan. | Ia mengorganisasi tugas dengan cara yang logis sesuai dengan suruhan yang diberikan. | Siswa mengamati, meyimak, membahas, mencatat, dan melakukan kegiatan-kegiatan lainnya |
4 | Siswa membutuhkan sedikit (berapa kali)bantuan untuk memahami tujuan kegiatan atau tugas | siswa mampu mengikuti diskusi yang berlangsung | Pengamatan, dan hasil kegiatan lainnya pada umumnya memuaskan, tapi masih ada kesalahan dalam ketepatan mencatat atau membahas. |
3 | Siswa membutuhkan bantuan secukupnya untuk memahami tujuan kegiatan atau tugas, serta dalam mengorganisasikan kerjanya. | Ia mampu mengikuti tugas/instruksi jika diberikan sejumlah bantuan yang berarti. | Siswa banyak melakukan kesalahan, baik pencatatan,dan ketepatan dalam pencatatan ataupun hasil kerja lainnya. |
2 | Siwa banyak tergantung pada bantuan dan dukungan agar mampu memehami tujuan tugas/kegiatan yang diberikan dan melakukannya. | Bantuan tetap diberikan walaupun dalam instruksi yang sederhana. Ketidaktepatan dalam pengamatan, pengukuran atau unsur-unsuir hasil kerja lainnya. | Banyak pengamatan/unsur-unsur bahasan luput diamati atau tidak dicatat/dibahas/dikerjakan |
1 | Tidak memahami penyelesaian tugas atau diskusi yang diberikan serta tidak mampu melaksanakan walaupun tanpa bantuan. | Siswa tidak mampu mengikuti diskusi tugas yang diberikan. | Pengamatan, atau unsur-unsur hasil kerja lainnya tidak benar atau tidak relevan dengan tugasnya. |
Lembar Penilaian Kinerja
No | Nama Siswa | Tugas | Kerja Ilmiah | Diskusi | ||||||||||||
| | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
7 | | | | | | | | | | | | | | | | |
8 | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
LP-2B
LEMBAR PENILAIAN DISKUSI DAN PRESENTASI
Rubrik : Digunakan untuk menilai kegiatan diskusi
Nilai 5 : Bila siswa berperan aktif dalam diskusi baik bertanya maupun menjawab, mampu mengajukan pertanyaan tingkat tinggi dan ide-ide baru.
Nilai 4 : Siswa aktif dalam diskusi baik bertanya maupun menjawab, mampu mengajukan pertanyaan tingkat tinggi tapi tidak ada ide baru.
Nilai 3 : Siswa aktif dalam diskusi baik bertanya maupun menjawab, mampu mengajukan pertanyaan tingkat rendah.
Nilai 2 : Siswa kurang aktif dalam diskusi hanya sesekali bertanya.
Nilai 1 : Siswa pasif dan tidak mengajukan pertanyaan maupun memberikan jawaban.
Lembar Penilaian Diskusi dan Presentasi
No | Nama Siswa | Tugas | Kerja Ilmiah | Diskusi | ||||||||||||
| | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
6 | | | | | | | | | | | | | | | | |
7 | | | | | | | | | | | | | | | | |
8 | | | | | | | | | | | | | | | | |